Blog seputar drone

Senin, 08 Februari 2016

Tips Aman Menerbangkan Drone Agar Tidak Jatuh Dan Hilang

Medengar kejadian yang di alami teman saya yang kehilangan drone akibat menerbangkannya terlalu tinggi sehingga tidak dapat di kendalikan menjadi pelajaran bagi para pemilik drone pemula yang masih belum terlalu fasih di dalam mengudarakan drone (pesawat kecil tanpa awak).

Latihan menerbangkan drone memang perlu untuk di lakukan agar drone dalam kondisi aman terhindar dari jatuh akibat kehabisa daya saat berada di udara dan karena lepas kendali. Padahal banyak fitur drone yang dapat di manfaatkan untuk menghindari hal-hal yang tidak dinginkan. 

Bagi pemula sebaiknya membaca manual book yang telah di sedikan oleh produsen drone agar mengetahui fitur apa saja yang ada pada drone yang dia miliki, sebab dengan mengetahuinya maka kita akan dapat memaksimalakan penerbangan drone baik dari segi ke awetan dan keamanannya.

Tips Aman Menerbangkan Drone

Sebelum menerbangkan drone ada baiknya juga Anda mengetahui peraturan pemerintah khususnya mentri perhubungan yang mengeluarkan aturan bagi pengguna drone di dalam mengudarakannya, Anda dapat membaca artikel sebelumnya.


Berikut Ini beberapa tips aman dalam menerbangkan drone :

1. Pastikan Perangkat Drone Telah Terpasang Lengkap
Hal ini untuk memastikan drone siap untuk di terbangkan, sebab apa bila perangkat penting ada yang belum terpasang maka resiko kerusakan pada drone akan lebih tinggi.

2. Carilah Lokasi Yang Aman
Keamanan dalam menggunakan drone harus di perhatikan sebab selain untuk melindungi drone dari kerusakan juga untuk menghindari seseorang mengalami kejatuhan drone yang di terbangkan sehingga beresiko untuk melukai seseorang. Lokasi paling baik adalah di tanah lapang atau lapangan karena luas dan relatif aman dari orang yang berlalu lalang.

3.Atur Kalibrasi Kompas  
Kalibrasi kompas penting untuk di lakukan karena berguna untuk memberi tahu koordinat titik start pesawat drone. Saat cuaca buruk atau kendala lainnya pesawat ini mampu pulang sendiri di titik start tadi dengan bantuan GPS, untuk itu penting untuk memastikan gps menyala sebelum menerbangkan drone. Beberapa produk drone memiliki tanda lampu hijau ketika gpsnya menyala.

4. Perhatikan Durasi Penerbangan 
Hal ini penting untuk di perhatikan, sebab jika di terbangkan dengan ketinggian tertentu dan jarak yang cukup jauh namun sebelum kembali drone telah kehabisan daya listrik maka drone dapat jatuh di suatu tempat yang tidak kita ketahui, maka dari itu perlu bagi pengguna untuk mengetahui seberapa lama durasi terbang drone yang Anda miliki.

5. Jangan Terbangkan Drone Terlalu Tinggi
Bila sobat masih pemula sebaiknya jangan menerbangkan drone terlalu tinggi, ini berguna untuk pembelajaran menggunakan atau menguasi semua fungsi remot kontrol secara mendetail sehingga ketika telah di kuasia sobat dapat mengendalikan drone secara maksimal dengan resiko yang kecil.

Ketika sobat telah mahir menggunakan pesawat tanpa awak moderen ini maka sobat siap menjelajah udara dengan drone kesayangan sobat. Semoaga artikel tips aman menerbangkan drone agar tidak jatuh bermanfaat, sampai ketemu di artikel drone lainnya. Salam mengudara.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Aman Menerbangkan Drone Agar Tidak Jatuh Dan Hilang